Cara Membuka Bisnis Catering Pernikahan di Sidoarjo

Diakui atau tidak, bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki peminat tak ada ada habisnya. Hal tersebut dapat terlihat dari maraknya penjual makanan dengan varian dan rasa yang unik. Mulai dari makanan tradisional atau bahkan modern, begitu pula pedagang jajanan yang tak mau kalah untuk bersaing.

Membuka peluang usaha catering merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin memperluas pangsa pasar kuliner. Terlebih, bisnis katering ini juga dapat merambah di segala bidang. Salah satunya yaitu sebagai pendukung event acara resepsi pernikahan.

Catering pernikahan merupakan suatu pelayanan jasa boga, dimana tuan rumah atau selaku pemilik acara dapat memesan aneka menu makanan, masakan dan jajanan bagi para tamu yang hadir di acaranya. Bisnis catering pernikahan ini sangat marak beredar, tak peduli di lingkungan pedesaan atau atau perkotaan. Keberadaan jasa catering pernikahan diakui masyarakat mampu meringankan proses persiapan maupun keberlangsungan acara. Sehingga dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan sedikitpun.

Sayangnya, tidak semua orang dapat membuka bisnis catering pernikahan semudah memutar telapak tangan. Diperlukan orang-orang yang bermental ulet dan baja untuk menyiasati segala hambatan yang menghadang. Terlebih saat ini bisnis catering pernikahan juga memiliki banyak pesaing. Sebuah faktor yang menyulitkan jika Anda adalah pelaku catering pernikahan pemula.

Tips berikut ini akan sedikit membantu Anda dalam mengembangkan usaha catering pernikahan yang handal. Tahan terhadap daya saing kompetitor dan siap melayani beragam konsumen. Langsung simak saja, ini dia caranya.

Pastikan Anda Memiliki Kecukupan Modal Awal

Buatlah penentuan prakiraan awal berapakah modal yang harus Anda gunakan sebagai investasi dalam membuka bisnis catering pernikahan nantinya. Awali dari bahan baku harian, bahan penunjang operasional, biaya listrik, pajak hingga karyawan.

Buatlah kalkulasi secara matang antara modal, pengeluaran dan penghasilan per hari. Cara ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui estimasi waktu balik modal. Untuk meringankan modal di awal, tidak ada salahnya jika Anda mengajak kerabat terdekat untuk patungan modal untuk kemudian keuntungannya menjadi bagi hasil antara kedua belah pihak. Namun, sebelum melakukan kesepakatan, ada baiknya jika membuat surat perjanjian terlebih dahulu untuk mencegah timbulnya masalah besar di hari yang akan datang.

Belajar pada Pengusaha Catering Sukses

Sebelum nekat untuk membuka bisnis catering pernikahan, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu pada pengusaha catering yang sukses dan berpengalaman. Karena mendirikan bisnis bukan sekedar modal, lebih dari itu Anda juga harus dituntut untuk memiliki skill dan jam terbang yang sudah diasah dengan baik.

Belajar pada pengusaha catering yang sukses merupakan pondasi penting agar Anda dapat belajar dari pengalaman yang sebelum dirasakan oleh pelaku usaha tersebut. Sehingga Anda dapat menghindari terjadinya kesalahan fatal di kemudian hari dengan persiapan sebaik mungkin.

Hal yang dapat Anda pelajari adalah bagaimana pengusaha katering sukses tersebut mengolah modal, memasarkan jasa, me-manage karyawan, menjaga kepuasan client dan mengelola cash flow (perputaran laba). Selain ilmu, Anda juga harus menyiapkan mental. Bisa diawali dari ketekunan, pantang menyerah, disiplin dan telaten. Ilmu dan mental merupakan kedua hal yang sangat penting setelah modal.

Melakukan Riset Pasar dan Identifikasi Produk

Membuat riset sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Bagaimana tidak? Anda dapat mengetahui secara detail minuman atau makanan apakah yang sekiranya memiliki banyak peminat. Riset juga bertujuan untuk memudahkan Anda mempromosikan sesuai target segmentasi pasar.

Bisnis catering sudah pasti tak dapat dipisahkan dari tren varian makanan baru. Namun, jangan sampai ego Anda luluh hanya karena mendengar makanan tersebut “trend”. Mengingat kemungkinan peminatnya akan berkurang seiring perjalanan waktu. Maka, cukup sediakan makanan nge-tren tersebut hanya sebagai pelengkap saja. Sehingga kesannya Anda merupakan jasa catering pernikahan super lengkap!

Sebagai penutup dari subjudul ini. Penulis sangat merekomendasikan usaha catering Anda memiliki menu andalan sendiri. Tidak ada salahnya juga apabila meminta saran dari kerabat yang hobby melakukan wisata kuliner. Sehingga mereka mampu menilai secara kritis terkait apa saja yang dikurangi atau ditambahi. Jika sudah menemukan menu catering pernikahan andalan, pastikan Anda merahasiakannya secara rapat-rapat.

Promosi Melalui Media Internet

Perkiraan modal sudah, mempersiapkan ilmu dan mental pun sudah. Kini saatnya Anda beralih untuk melakukan promosi usaha catering pernikahan yang akan Anda bangun. Promosi yang optimal tentu saja akan meyakinkan usaha catering Anda di mata calon pembeli.

Terdapat beragam cara melakukan promosi usaha. Salah satunya adalah melalui media online. Karena tak dapat dipungkiri jika Internet telah menjadi kebutuhan manusia modern. Bahkan nyaris setara dengan sandang, pangan dan papan. Pembeli dapat mudah melakukan transaksi hanya melalui genggaman saja.

Pemasaran SEO jasa catering pernikahan adalah cara efektif bagi Anda untuk menggaet calon pembeli di Internet. Misalnya, calon pembeli mengetik “catering pernikahan sidoarjo”, maka seketika itu muncullah baris situs di halaman pertama yang menyediakan jasa catering pernikahan di Sidoarjo.

Demikian ulasan seputar kiat sukses mendirikan bisnis catering pernikahan. Setiap memulai suatu bisnis tentu harus melalui proses panjang yang melelahkan. Dibutuhkan strategi dan orang yang tepat agar dapat berjalan dengan optimal. Semua pengorbanan yang Anda lakukan di awal tentu akan terbayar lunas apabila telah berhasil dan bermanfaat bagi banyak orang karena telah saling memberdayakan.

Tips Memulai Usaha Catering untuk Pemula

Catering merupakan peluang usaha yang saat ini dirasa cukup memiliki prospek sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini tak lain karena catering hadir sebagai penyedia makanan, terutama ketika mengadakan event atau acara keluarga tertentu. Sehingga tuan rumah atau selaku pemilik acara tidak direpotkan dengan aktivitas menyiapkan masakan.

Adapun catering saat ini juga memiliki ragam pelayanan yang luas, diantaranya adalah catering harian, catering kantoran, prasmanan dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, tentu saja ini merupakan sebuah keahlian yang harus benar-benar Anda manfaatkan untuk memperoleh pundi-pundi penghasilan tambahan (atau bahkan penghasilan utama).

Tertarik untuk membuka usaha catering? Ada baiknya jika menyimak terlebih dahulu tips dibawah ini agar bisnis yang Anda persiapkan benar-benar berjalan dengan matang.

Survei Kompetitor Terlebih Dahulu

Lakukan penelitian kecil-kecilan terhadap kompetitor usaha catering lainnya yang sudah berdiri lebih awal dan sudah sukses. Pastikan anda telah mengumpulkan informasinya secara lengkap. Mulai dari cara penyajian, harga, kualitas makanan dan target pasar. Jangan lupa untuk melakukan reset lebih dalam terkait potensi pasar serta citarasa apakah yang akan anda unggulkan untuk usaha catering yang anda dirikan. Pada bisnis catering, cara penyajian, kebersihan dan cita rasa merupakan faktor utama bahkan penentu terhadap kepuasan pelanggan. Tentu saja Anda harus memperhatikan baik-baik agar kualitasnya tetap terjaga.

Mulailah dengan Memilih Jenis Usaha Catering

Pastikan anda menentukan terlebih dahulu jenis usaha catering apakah yang nantinya akan dijalankan. Secara umum, usaha catering terbagi kedalam dua jenis yaitu catering umum dan catering khusus.

Jika Anda memilih catering khusus, maka anda dapat mengincar pasar catering yang dikhususkan untuk acara formal seperti resepsi pernikahan, seminar dan lain sebagainya. Namun jika Anda memilih catering umum, maka peluang pasar yang anda incar sangat luas, yaitu meliputi catering bekal anak sekolah, catering harian karyawan dan lain sebagainya.

Mengajak Teman atau Anggota Keluarga untuk Diberdayakan

Cara ini dianggap ampuh untuk menekan biaya produksi. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu menggunakan tenaga orang lain yang harus dibayar lebih. Melainkan cukup mengajak teman, kerabat atau keluarga sendiri untuk diberdayakan. Cukup untuk membantu orang-orang terdekat di sekitar kita, bukan?

Memanfaatkan Promosi Melalui Testimoni Client

Seperti halnya kita ketahui bersama bahwa bisnis makanan tidak lepas dari cara promosi mulut ke mulut. Bahkan cara ini dianggap masih potensial. Meski begitu, keberadaan dunia digital telah merubah sudut pandang cara pemasaran yang lebih efektif. Salah satunya adalah melalui media internet.

Seperti pada situs CateringSidoarjo.web.id ini, sehingga calon pelanggan hanya perlu mengetik “Catering Sidoarjo” maka situs kami muncul di halaman satu.

Tertarik untuk bekerja sama, silahkan masuk di halaman “Penawaran Kerja Sama Vendor Catering”

Mengkalkulasi Biaya Produksi

Setelah memperoleh client pertama, tentu saja Anda akan mendapatkan penghasilan pertama pula dari bisnis catering tersebut. Sebelum mengembangkan bisnis lebih jauh, ada baiknya jika membuat perbandingan terlebih dahulu antara biaya produksi dengan jumlah penghasilan. Hal ini sangat penting sekali untuk mengurangi resiko terjadinya kerugian di awal.

Sebuah perusahaan catering dengan nama besar dan telah berdiri cukup lama, hampir pasti mencapai titik impas, dimana semua investasi yang telah diusahakan sudah lunas terbayarkan. Sehingga biaya produksi menjadi lebih murah.

Sementara untuk perusahaan catering pemula, jumlah biaya investasi yang harus dianggarkan sangat besar. Wajar jika biaya produksinya mahal di awal. Meski begitu, Anda tetap harus semangat, jangan lantas putus asa.

Jangan memikirkan keuntungan terlebih dahulu. Sembari bisnis dijalankan, Anda pun dapat mengamati apa saja sisi pelayanan yang harus di-inovasi-kan atau diperbaiki untuk ke depannya.

Mengatur Waktu

Hal yang tak kalah penting pada bisnis catering adalah mengatur pola management waktu. Pastikan Anda telah memperhitungkan management waktu semenjak awal catering berdiri. Misalnya, mulai dari waktu khusus untuk belanja bahan baku, menimbang serta meraciknya. Buatlah semacam studi kasus waktu yang akan Anda gunakan, sehingga dapat menjadi tolok ukur atau standar proses penyediaan kebutuhan klien. Dengan demikian maka proses sedari awal hingga menuju lokasi dapat terlaksana secara tepat waktu sesuai permintaan client.

Pastikan segala proses pembuatan masakan dilakukan secara presisi. Tidak terlalu awal namun juga tidak terlalu ditunda-tunda, karena sesuai dengan standar dalam studi kasus management waktu yang sudah Anda buat sebelumnya.

Tentukan Kapasitas Maksimal Porsi Pesanan

Sebagai catering pemula, sangat disarankan bagi Anda untuk menerima porsi pesanan dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan memperoleh jam terbang bagaimana cara me-manage waktu pengiriman pesanan secara tepat. Jika sudah terampil, maka Anda bisa menerima porsi pesanan dalam jumlah besar.

Menerima porsi pesanan dalam jumlah besar tidaklah semudah dengan apa yang kita bayangkan. Memang benar jika keuntungan yang akan diperoleh jauh lebih besar. Walau begitu, Anda tidak boleh mengacuhkan pesanan dalam jumlah kecil. Karena bisa jadi, pesanan porsi jumlah kecil dapat berlanjut menjadi jumlah besar, bahkan repeat order jika pelayanannya memuaskan.

Menjaga Kesehatan Makanan

Mungkin tak sedikit dari kita yang mendengar berita korban keracunan makanan akibat ulah salah satu catering yang tidak memperhatikan sisi kesehatan makanan. Jika Anda ingin nama usaha catering Anda baik di mata masyarakat, jangan pernah satu kali pun mengesampingkan kualitas dan kesehatan makanan yang Anda sajikan. Tetaplah menjadi pebisnis catering yang jujur dan memiliki integritas agar bisnis tetap menjadi barokah dan bermanfaat bagi sesama.

Terus Meningkatkan Mutu Kualitas

Jika Anda sudah lama bergelut dalam aktivitas masak-memasak, menggali potensi terhadap suatu makanan adalah hal yang menyenangkan bukan? Anda dapat melakukan eksplorasi seperti menemukan resep terbaru untuk menciptakan variasi rasa yang lezat dan unik atau berbeda dengan lainnya. Bukan hal yang tidak mungkin, jika client akan tetap setia menggunakan jasa catering Anda dalam acara apapun.

Meramaikan Trend yang Disukai Banyak Orang

Dunia usaha catering memang telah berkembang sangat cepat. Hal ini diikuti pula dengan banyaknya trend masakan yang banyak berkembang. Maka dari itu, pastikan usaha catering Anda stay-update agar terus dilirik oleh para calon client. Sajikan menu-menu terbaru sebagai penawaran unggulan. Client yang terkesan, tentu saja akan merasa penasaran dengan menu-menu terbaru berikutnya.

Salam Senyum!

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pernikahan, Nomor 5 Jangan Sampai Terlewatkan!

Suatu pernikahan tak mungkin bisa langsung disiapkan hanya dalam sehari semalam. Sebab Anda dan pasangan pastinya ingin kalau segala sesuatunya menjadi lebih istimewa di hari dimana cinta kalian diresmikan, bukan? Jika Anda ingin segera menikah, maka beberapa hal ini bisa Anda persiapkan menjelang hari bahagia tersebut, lantas apa saja persiapan yang harus dilakukan?

Jangan Lupa Sewa Gedung

Sebelum menentukan gedung mana yang akan digunakan sebaiknya, Anda dan pasangan berdiskusi lebih dulu tentang gedung seperti apa yang akan digunakan. Pemilihan gedung juga harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan diundang dan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai, Anda memilih gedung yang sempit padahal tamu undangannya banyak. Sebaliknya, jangan sampai memilih gedung yang besar padahal bujet pas-pasan. Itulah mengapa segalanya harus didiskusikan dengan baik.

Baju Pernikahan Segera Dipesan

Baju pernikahan yang akan digunakan bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Bisa yang bernuansa modern atau tradisional. Bisa yang berwarna soft hingga pastel sekalipun. Bisa nyewa hingga buat sendiri dengan catatan kalau waktu yang dimiliki masih banyak. Namun jika tidak mau repot, ya jalan terbaik adalah menyewa.

Siapkan Baju Seragam

Khusus untuk baju seragam keluarga, Anda harus jeli. Jika memang bujet yang dimiliki sedikit, maka solusi terbaiknya adalah Anda harus pintar belanja kain dengan harga yang murah. Tujuannya agar tidak over budget.

Pikirkan Dekorasi

Hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum memikirkan dekorasi, maka lebih dulu pikirkan tema pernikahan Anda. Apabila Anda menggunakan jasa WO, Anda dan pasangan bisa langsung  melakukan konsultasi dengan WO tersebut soal tema dan anggaran yang dimiliki. And abisa menyesuaikan tema daerah, nasional, model atau tema-tema unik lainnya seperti tema laut, kebun, atau glowing.

Pilih Layanan Catering

Layanan catering merupakan hal yang sangat penting dalam pernikahan,maka dari itu Anda tidak boleh asal-asalan dalam hal ini. Itulah mengapa Anda disarankan untuk hunting-hunting layanan catering jauh-jauh hari agar bisa lebih memiliki banyak waktu untuk menentukan catering mana yang enak dan harganya sesuai dengan bujet yang dimiliki. Sebelum memutuskan untuk DP, Anda harus cicipi lebih dulu setiap menu-nya dan disesuaikan dengan tema pernikahan Anda. Jika menggunakan adat sunda, maka sebaiknya Anda memilih makanan khas sunda agar bersesuaian.

Pastikan Anda menggunakan jasa catering yang sudah berpengalaman, seperti CateringSidoarjo.web.id! Hemat harganya, nikmat masakannya!

Memilih Jasa Make Up

Memilih jasa make up yang pas untuk Anda dan keluarga, maka pastikan untuk survei lebih dulu. Tanyakan kepada sanak keluarga atau kerabat dekat yang sudah banyak pengalaman mengenai jasa make up yang terpercaya. Setidaknya setelah mendapat rekomendasi dari mereka, Anda tidak akan terlalu kecewa, atau bisa saja Anda menggunakan test rias pengantin untuk mengetahui jasa make up mana yang cocok dengan Anda. Namun biasanya tak semua perias mau melakukan hal tersebut.

Foto Post Wedding

Foto post wedding yang Anda usung harus disesuaikan dengan anggaran. Jangan sampai melebihi kapasitas bujet yang dimiliki. Sebenarnya prewed itu murah jika Anda pintar mengakalinya. Pilih saja spot indah di kota Anda lalu sewa fotografer kenalan untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk mengambil gambar, simple kan? Tak perlu banyak menghabiskan uang Anda sudah bisa melakukan prewed yang bagus.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan menjelang hari peresmian cinta Anda dengan pasangan dilangsungkan. Momen tersebut terjadi sekali seumur hidup, jadi harus maksimal ya.