Cara Membuka Bisnis Catering Pernikahan di Sidoarjo

Diakui atau tidak, bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki peminat tak ada ada habisnya. Hal tersebut dapat terlihat dari maraknya penjual makanan dengan varian dan rasa yang unik. Mulai dari makanan tradisional atau bahkan modern, begitu pula pedagang jajanan yang tak mau kalah untuk bersaing.

Membuka peluang usaha catering merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin memperluas pangsa pasar kuliner. Terlebih, bisnis katering ini juga dapat merambah di segala bidang. Salah satunya yaitu sebagai pendukung event acara resepsi pernikahan.

Catering pernikahan merupakan suatu pelayanan jasa boga, dimana tuan rumah atau selaku pemilik acara dapat memesan aneka menu makanan, masakan dan jajanan bagi para tamu yang hadir di acaranya. Bisnis catering pernikahan ini sangat marak beredar, tak peduli di lingkungan pedesaan atau atau perkotaan. Keberadaan jasa catering pernikahan diakui masyarakat mampu meringankan proses persiapan maupun keberlangsungan acara. Sehingga dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan sedikitpun.

Sayangnya, tidak semua orang dapat membuka bisnis catering pernikahan semudah memutar telapak tangan. Diperlukan orang-orang yang bermental ulet dan baja untuk menyiasati segala hambatan yang menghadang. Terlebih saat ini bisnis catering pernikahan juga memiliki banyak pesaing. Sebuah faktor yang menyulitkan jika Anda adalah pelaku catering pernikahan pemula.

Tips berikut ini akan sedikit membantu Anda dalam mengembangkan usaha catering pernikahan yang handal. Tahan terhadap daya saing kompetitor dan siap melayani beragam konsumen. Langsung simak saja, ini dia caranya.

Pastikan Anda Memiliki Kecukupan Modal Awal

Buatlah penentuan prakiraan awal berapakah modal yang harus Anda gunakan sebagai investasi dalam membuka bisnis catering pernikahan nantinya. Awali dari bahan baku harian, bahan penunjang operasional, biaya listrik, pajak hingga karyawan.

Buatlah kalkulasi secara matang antara modal, pengeluaran dan penghasilan per hari. Cara ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui estimasi waktu balik modal. Untuk meringankan modal di awal, tidak ada salahnya jika Anda mengajak kerabat terdekat untuk patungan modal untuk kemudian keuntungannya menjadi bagi hasil antara kedua belah pihak. Namun, sebelum melakukan kesepakatan, ada baiknya jika membuat surat perjanjian terlebih dahulu untuk mencegah timbulnya masalah besar di hari yang akan datang.

Belajar pada Pengusaha Catering Sukses

Sebelum nekat untuk membuka bisnis catering pernikahan, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu pada pengusaha catering yang sukses dan berpengalaman. Karena mendirikan bisnis bukan sekedar modal, lebih dari itu Anda juga harus dituntut untuk memiliki skill dan jam terbang yang sudah diasah dengan baik.

Belajar pada pengusaha catering yang sukses merupakan pondasi penting agar Anda dapat belajar dari pengalaman yang sebelum dirasakan oleh pelaku usaha tersebut. Sehingga Anda dapat menghindari terjadinya kesalahan fatal di kemudian hari dengan persiapan sebaik mungkin.

Hal yang dapat Anda pelajari adalah bagaimana pengusaha katering sukses tersebut mengolah modal, memasarkan jasa, me-manage karyawan, menjaga kepuasan client dan mengelola cash flow (perputaran laba). Selain ilmu, Anda juga harus menyiapkan mental. Bisa diawali dari ketekunan, pantang menyerah, disiplin dan telaten. Ilmu dan mental merupakan kedua hal yang sangat penting setelah modal.

Melakukan Riset Pasar dan Identifikasi Produk

Membuat riset sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Bagaimana tidak? Anda dapat mengetahui secara detail minuman atau makanan apakah yang sekiranya memiliki banyak peminat. Riset juga bertujuan untuk memudahkan Anda mempromosikan sesuai target segmentasi pasar.

Bisnis catering sudah pasti tak dapat dipisahkan dari tren varian makanan baru. Namun, jangan sampai ego Anda luluh hanya karena mendengar makanan tersebut “trend”. Mengingat kemungkinan peminatnya akan berkurang seiring perjalanan waktu. Maka, cukup sediakan makanan nge-tren tersebut hanya sebagai pelengkap saja. Sehingga kesannya Anda merupakan jasa catering pernikahan super lengkap!

Sebagai penutup dari subjudul ini. Penulis sangat merekomendasikan usaha catering Anda memiliki menu andalan sendiri. Tidak ada salahnya juga apabila meminta saran dari kerabat yang hobby melakukan wisata kuliner. Sehingga mereka mampu menilai secara kritis terkait apa saja yang dikurangi atau ditambahi. Jika sudah menemukan menu catering pernikahan andalan, pastikan Anda merahasiakannya secara rapat-rapat.

Promosi Melalui Media Internet

Perkiraan modal sudah, mempersiapkan ilmu dan mental pun sudah. Kini saatnya Anda beralih untuk melakukan promosi usaha catering pernikahan yang akan Anda bangun. Promosi yang optimal tentu saja akan meyakinkan usaha catering Anda di mata calon pembeli.

Terdapat beragam cara melakukan promosi usaha. Salah satunya adalah melalui media online. Karena tak dapat dipungkiri jika Internet telah menjadi kebutuhan manusia modern. Bahkan nyaris setara dengan sandang, pangan dan papan. Pembeli dapat mudah melakukan transaksi hanya melalui genggaman saja.

Pemasaran SEO jasa catering pernikahan adalah cara efektif bagi Anda untuk menggaet calon pembeli di Internet. Misalnya, calon pembeli mengetik “catering pernikahan sidoarjo”, maka seketika itu muncullah baris situs di halaman pertama yang menyediakan jasa catering pernikahan di Sidoarjo.

Demikian ulasan seputar kiat sukses mendirikan bisnis catering pernikahan. Setiap memulai suatu bisnis tentu harus melalui proses panjang yang melelahkan. Dibutuhkan strategi dan orang yang tepat agar dapat berjalan dengan optimal. Semua pengorbanan yang Anda lakukan di awal tentu akan terbayar lunas apabila telah berhasil dan bermanfaat bagi banyak orang karena telah saling memberdayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *