4 Alasan Hindari Standing Party Resepsi Pernikahan & Solusinya!

Acara resepsi pernikahan harus dipikirkan dan diperhitungkan dengan matang. Contohnya jumlah tamu, catering, susunan acara, hiburan, dan berbagai hal lain. Karena menikah bukan cuma tentang akad saja, namun juga acara jamuan untuk para tamu yang diharapkan datang ikut mendoakan.

Di Indonesia, banyak orang yang menyelenggarakan acara resepsi dengan menggunakan konsep standing party atau makan sambil berdiri. Konsep ini tidak salah mengingat lokasi yang cukup terbatas. 

Namun kenyamanan para tamu juga tetap harus diperhatikan. Pesta sambil berdiri merupakan hal yang harus dipertimbangkan karena beberapa alasan berikut ini.

Membuat Para Tamu Repot dan Lelah

Resepsi dengan konsep standing party ini cukup merepotkan karena para tamu harus makan sambil berdiri, terlebih lagi bagi mereka yang sudah terbiasa makan sambil duduk. Makan sambil berdiri ini dirasa sangat tidak cocok dan merepotkan.

Terlebih lagi para tamu harus mondar-mandir ke tempat prasmanan bakso, sop, sate, dan sebagainya. Ini tentu akan membuat para tamu lelah terlebih lagi rangkaian acara yang cukup panjang.

Para Tamu yang Membawa Anak Akan Kerepotan

Biasanya para tamu tidak datang sendirian, bagi mereka yang sudah memiliki anak pasti akan membawa anak mereka. Nah, resepsi dengan konsep standing party akan membuat para orang tua kerepotan dan kesulitan makan karena harus mengurus anaknya.

Mengurangi Kenikmatan Makanan

Selain membuat cepat lelah, makan sambil berdiri juga bisa mengurangi kenikmatan dari makanan yang dimakan. Yang tadinya makanan tersebut harusnya enak ketika dimakan, karena makan sambil berdiri berkesan tidak enak.

Tidak Sesuai Norma Kesopanan dan Agama

Di Indonesia, sejak kecil anak-anak selalu diajarkan untuk makan sambil duduk karena makan sambil berdiri dinilai tidak sopan. Nah, resepsi dengan konsep makan sambil berdiri ini dinilai kurang sopan karena menyalahi apa yang sudah diajarkan di kepada anak-anak sejak kecil.

Selain itu di agama Islam sendiri, disebutkan bahwa ketika makan itu harus sambil duduk. Selain tidak sopan, makan sambil berdiri juga tidak bagus untuk kesehatan.

Ruang Jadi Terlihat Sangat Penuh dan Sesak

Karena para tamu yang hadir tidak duduk dan makan sambil berdiri, biasanya para tamu tersebut tetap berdiri di sebelah meja prasmanan. Nah, hal ini akan membuat tamu lain yang mau mengambil makanan merasa terganggu dan susah karena di dekat meja prasmanan sesak dengan orang-orang.

Apa Solusinya?

hotelkristal.com

Nah itulah beberapa alasan kenapa konsep standing party tidak cocok diterapkan dalam acara resepsi pernikahan. Karena itulah, berikut ini kami berikan beberapa solusi yang bisa digunakan untuk menghindari makan sambil berdiri

  • Sediakan Kursi Tambahan. Cara Pertama adalah dengan menyediakan kursi tambahan untuk digunakan para tamu setelah mengambil makanan. Sehingga para tamu bisa menikmati makanan yang telah mereka ambil.
  • Pisah Tamu Jadi Beberapa Gelombang. Cara kedua adalah dengan membagi tamu menjadi 2 atau 3 gelombang. Ini dilakukan supaya ruangan tidak terlalu penuh dan para tamu masih bisa duduk ketika makan.
  • Kerjasama dengan MC. Solusi selanjutnya adalah bekerjasama dengan pembawa acara supaya mempersilahkan para tamu untuk duduk di tempat  yang sudah disediakan. Karena kadang para tamu suka enggan duduk jika belum diperintahkan.
  • Perluas Venue Pernikahan. Terakhir adalah dengan memperluas venue pernikahan supaya bisa menampung tamu dalam jumlah yang banyak. Sehingga para tamu tidak perlu berdesak-desakan dan masih tersedia ruang untuk tempat duduk para tamu.

Demikian beberapa alasan standing party tidak cocok dalam resepsi pernikahan beserta solusi untuk mengatasinya.