Ini Lho! 5 Bahaya Konsumsi Gorengan Pas Lagi Buka Puasa

Hampir seluruh masyarakat Indonesia setuju bahwa gorengan tidak hanya menjadi camilan saja dikala waktu senggang, bahkan telah menjadi gaya hidup yang nyaris dikonsumsi setiap hari. Begitu pula saat berbuka puasa, gorengan telah menjadi menu yang harus disajikan bersamaan dengan sajian lainnya. Keberadaan gorengan diyakini mampu memberikan ganjalan pada perut sebelum nantinya akan beralih mengkonsumsi makanan berat yang sesungguhnya.

Bagi Anda yang sudah terlanjur seringkali mengkonsumsi gorengan selama bulan puasa, sejatinya hal tersebut merupakan sangat tidak direkomendasikan. Gorengan telah memberi beragam efek samping yang tentu saja berbahaya bagi tubuh, baik secara langsung maupun dalam jangka waktu panjang.

Untuk pembahasan lebih lengkapnya terkait mengapa anda harus menghindari mengkonsumsi gorengan selama bulan puasa, telah kami rangkum beberapa poin berikut.

Memiliki Kandungan Lemak Berlebih

Sudah Tidak diragukan lagi apabila gorengan di dalamnya terdapat banyak sekali kadar lemak dan minyak. Hal ini bukan sesuatu yang mengherankan karena gorengan dimasak dengan metode feep fried. Dalam artian, bahan akan dicelup pada minyak panas sampai benar-benar matang. Metode penggorengan semacam ini tentu saja akan mengakibatkan gorengan menjadi lebih banyak dalam menyerap minyak, meski jika dilihat dari luar belum tentu terlihat.

Gorengan tidak menjadikan anda merasa kenyang. Ini dikarenakan kadar kandungan lemak yang cukup banyak mengakibatkan gorengan susah untuk dicerna. Anda akan mengalami keterlambatan rasa kenyang dan menyebabkan makan berlebihan, sehingga kalori yang masuk melebihi ambang batas normal. Jikalau hal tersebut diteruskan sampai kebiasaan pada menu berbuka puasa, tentu saja tubuh anda akan menimbun banyak lemak dan mengakibatkan resiko obesitas.

bahaya-konsumsi-gorengan
image by bangtresna.com

Asam Lambung Mudah Naik

Ketika puasa, perut tentu saja akan kosong selang beberapa waktu. Ketika perut Anda belum terisi sama sekali, perlahan namun pasti asam lambung akan naik. Apabila anda memiliki lambung bersifat sensitif, umumnya tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak penuh. Ini dikarenakan dapat mengakibatkan asam lambung kian meningkat sehingga naik ke atas.

Begitu asam lambung naik ke atas, bisa saja tubuh anda akan merasa mual serta panas di bagian leher dan dada (heart burn). Kondisi ini tentu saja akan berlanjut hingga beberapa saat sebelum akhirnya tubuh anda normal kembali seperti sebelumnya.

Mengakibatkan Penyakit Sembelit

Jika anda mengkonsumsi gorengan terlalu banyak ketika mengawali buka puasa, tentu saja ini akan mengakibatkan sembelit di keesokan harinya. Usut punya usut, hal ini dikarenakan kandungan lemak yang terlalu banyak pada tubuh pasca mengkonsumsi gorengan. Sayangnya, lemak yang masuk ke tubuh tersebut juga tidak dibarengi dengan konsumsi serat sehat seperti pada buah dan sayur.

Aktivitas anda tentu saja akan terganggu bilamana terserang resiko sembelit. Feses yang ada dalam usus besar tidak mampu keluar sehingga mengakibatkan perut nampak membesar. So the conclusion is… Pastikan anda mengkonsumsi gorengan dengan menu sehat lainnya seperti buah dan sayur. Jangan lupa untuk meminum 3 gelas air putih untuk mempermudah proses buang air besar.

jual-gorengan-lucu
image by chirpstory.com

Memperparah Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang ada pada tubuh atau disebut dengan LDL, tentu saja akan naik bila mana mengkonsumsi gorengan terlalu banyak. Di lain sisi, lemak baik pada tubuh atau HDL yang berfungsi sebagai pelindung jantung dan saluran kardiovaskular justru malah menurun.

Oleh karena itu, anda harus menurunkan tingkat konsumsi gorengan. Terlebih saat di bulan puasa, jika tidak bisa jadi tubuh anda akan rentan terserang penyakit kolesterol. Parahnya lagi, plak yang disebabkan oleh LDL pada saluran darah justru mengakibatkan penyakit jantung dan stroke yang tentu saja beresiko terhadap keselamatan nyawa.

Pemicu Penyakit Kanker

Seringkali kita ketahui bahwa minyak yang digunakan pada penggorengan camilan tersebut seringkali kurang menyehatkan. Disamping itu suhu minyak yang terlalu tinggi juga dapat menjadi pemicu terhadap timbulnya zat karsinogenik. Zat tersebut merupakan asal muasal dari munculnya penyakit kanker yang sangat berbahaya.

Mengkonsumsi gorengan terlalu sering tentu saja akan mengakibatkan sel kanker yang sudah ada pada tubuh menjadi lebih berkembang secara perlahan namun pasti. Bisa jadi, kanker langsung muncul sehingga dapat menurunkan kualitas kesehatan penderita dari waktu ke waktu.

Itulah pembahasan seputar konsumsi gorengan dan efek sampingnya terhadap tubuh apabila dikonsumsi berlebihan saat berbuka puasa. Anda boleh mengkonsumsi gorengan selama tidak berlebihan. Pastikan anda juga merutinkan gaya hidup sehat agar metabolisme pada tubuh tetap terjaga.

Butuh makanan camilan sehat untuk acara resmi Anda? Percayakan pada kami, hanya di CateringSidoarjo.web.id

Sumber: Doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *